bisnis online

Tuesday, December 30, 2008

Ciri-ciri Porang - Include Foto(s)

Dari hasil diskusi dengan teman-teman di belahan Nusantara, dan juga contoh umbi yang dikirimkan kepada saya, saya merasa perlu sharing yang saya ketahui tentang komoditas yang "terpendam" ini. (Maksudnya memang umbi tanaman ini terpendam di dalam tanah - juga bahwa potensi komoditas ini belum di blow-up dengan semestinya..)

Berikut saya sampaikan ciri-ciri fisik tanaman porang :



Batang tanaman Porang terdapat bercak-bercak putih - hijau. Secara visual memang tidak terlalu berbeda dengan Suweg / Iles-iles Putih/ Walur (hanya saja kalau suweg kadang cenderung bercak gelap). Jika diraba baru terasa kalau kulit batang suweg terasa kasar. (seperti pd gambar diatas )











Kira-kira mulai usia tanaman 2 bulan, porang mulai mengeluarkan bulbil, yaitu umbi generatif yang tumbuh pada pangkal daun. Ditandai dengan bintik gelap pada pangkal daun. Jumlah bulbil tergantung ruas percabangan daun.Besarnya bulbil mulai seujung pensil sampai sekepalan tangan anak kecil. Bulbil berwarna coklat gelap (gambar di atas)

          Umbi porang merupakan umbi tunggal, tidak ada titik tumbuh selain di bekas tumbuhnya batang. Daging umbi berwarna kuning cerah, dan seratnya halus. Getah porang menimbulkan rasa gatal di kulit. (gambar di atas)
          Semoga membantu.

          4 comments:

          Anonymous said...

          gambar yang ditampilkan memang umbi suweg. kebetulan penelitian S1 saya juga berhubungan dengan suweg. Saya membuat bakso dengan menggunakan pati suweg sebagai substitusi tepung tapioka. Tapi ada sesuatu yang belumsaya pahami, kenapa suweg bisa menimbulkan rasa gatal. Mungkin anda bisa membantu saya. Kandungan zat aktif apa yang terkandung di dalamnya. sekian terima kasih.

          Anonymous said...

          gambar yang ditampilkan memang umbi suweg. kebetulan penelitian S1 saya juga berhubungan dengan suweg. Saya membuat bakso dengan menggunakan pati suweg sebagai substitusi tepung tapioka. Tapi ada sesuatu yang belumsaya pahami, kenapa suweg bisa menimbulkan rasa gatal. Mungkin anda bisa membantu saya. Kandungan zat aktif apa yang terkandung di dalamnya. Mohon bantuannya. sekian terima kasih.

          Haris Mawardy
          Harismawardy@yahoo.co.id

          Unknown said...

          Mas Haris, terima kasih sudah mampir. Ada yang perlu saya luruskan, bahwa foto-foto tersebut bukan Suweg tetapi Porang. Saya sebutkan di atas bahwa Porang "Secara visual memang tidak terlalu berbeda dengan Suweg ", artinya sebenarnya berbeda dari suweg. Suweg dan Porang ini satu family (silahkan periksa www.aroid.org)
          Bagus sekali ide anda untuk substitusi tepung tapioka dengan tepung suweg. Karena suweg di masyarakat kita memang tidak begitu dimanfaatkan. Menurut literatur, penyebab rasa gatal (baik pada suweg dan terlebih lagi pada porang) adalah kandungan kalsium oksalat. (silahkan periksa juga detail kandungan ini.. monggo)
          semoga membantu

          Qonita said...

          Bi,cara bikin nutrijelnya gimana?