bisnis online

Friday, August 8, 2008

Kapan Memulai ? Memilih Kesempatan Setahun Sekali


Porang / Iles-iles / Amorphophallus Onchophillus adalah tanaman semusim. Tanaman ini terdiri dari batang asli yang tertanam di dalam tanah, lebih dikenal sebagai umbi, dan batang semu yang muncul dan tumbuh pada musim hujan. Munculnya batang semu sudah saya sampaikan dalam tulisan lain di blog ini.

Seperti yang sudah saya paparkan pada tulisan yang lain mengenai potensi budidaya dan bisnis porang pada lahan perorangan , porang begitu menjanjikan, karena memanfaatkan lahan tidak produktif di bawah tegakan induk. Dalam arti lain, budidaya porang berarti melakukan optimalisasi atas lahan dengan cara tumpangsari.

Mungkin bagi pembaca bisa bilang Apaan sih ini, tidak berguna sama sekali. It s OK, It s your right to say so.

Tetapi sebaliknya bagi anda yang merasa Oow... this info is very interesting dan anda pingin mencoba di lahan anda atau relasi anda. Inilah saat yang tepat. Kenapa begitu?

Karena bulan-bulan ini, sekitar Agustus - September, adalah bulan-bulan dimana musim kemarau mencapai anti klimaks, artinya musim penghujan sudah hampir tiba. Dan sebagaimana sudah sering saya ungkapkan, pada musim penghujan Porang akan mulai tumbuh.

Kalau anda baru mulai mempersiapkan lahan begitu musim hujan tiba, saya rasa akan sedikit terlambat. Kenapa, karena jika anda menggunakan buruh untuk mengolah, membuat lubang dan mempersipakan pupuk, pada awal musim hujan itu pasar buruh sedang ramai, karena mereka pasti mempersiapkan tanaman mereka sendiri. Pada awal musim hujan biasanya petani mulai menanam tanaman pokok mereka, dan pastilah anda akan menemui kesulitan untuk hire orang. Ini hanya opini saya, kecuali anda sudah punya karyawan tetap, kapanpun anda mulai tidak ada masalah.

Yang kedua, soal ketersediaan bibit dan harganya. Perlu diketahui, tren budidaya porang mulai berkembang, dan pasar bibit baik katak maupun umbi senantiasa bergerak mengikuti permintaan pasar. Ketika saya menulis ini di awal agustus 2008 harga Umbi masih berkisar Rp 8.000,- / kg dan harga katak Rp 15.000,- , saya tidak berani menjamin berapa harga beli umbi di akhir Bulan Agustus nanti. Artinya kalau anda memang sudah mantap untuk mencoba, mulailah sekarang juga.

Dan yang ketiga, soal lahan. Jika lahan milik anda sendiri, tentu tidak ada masalah dengan negosiasi bagi hasil atau mekanisme sewa. Sebaliknya jika lahan yang anda bidik untuk ditanami milih orang lain, atau hutan rakyat atau milik perhutani sekalipun. Pasti anda perlu waktu khusus untuk negosiasi, minimal minta ijin kepada pemilik atau penanggung jawab di sana.

Nah, mungkin sekaranglah waktu yang tepat untuk anda luangkan waktu dan mulai bergerilya.. Semoga sukses....

1 comment:

Anonymous said...

membaca seluruh blog, cukup bagus